Skip to main content

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD?

PCD singkatan dari Pitch Circle Diameter.  
PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini :

Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda.

Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris.


Arti dari :
PCD 4x100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm
PCD 4x114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3mm
PCD 5x114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3mm
PCD 6x139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm
dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya.

Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa contoh PCD mobil yang beredar di Indonesia adalah sbb. :
 
MERKMODEL PCD
AUDI A4 5*112
BMW M40 4*100 ET<30
BMW E36 5*120
BMW seri 5**,seri 7** 5*120 ET<30
DAIHATSU CHARADE / TURBO 4*110
DAIHATSU CHARADE CX / CLASSY 4*100
DAIHATSU ESPASS / ZEBRA 4*110 ET<30
DAIHATSU FEROZA / TAFT GT 5*139.7
FIAT UNO 4*98
HONDA ACCORD / PRESTIGE 4*100
HONDA GRAND /GENIO / FERIO / CITY 4*100
HONDA MAESTRO / CIELO 4*114.3
HONDA CRV 5*114.3
HYUNDAI CAKRA / NENGGALA 4*114.3
HYUNDAI TRAJET 5*114.3
HYUNDAI ATOZ 4*114.3
ISUZU PANTHER 4*114.3 ET<30
ISUZU NEW PANTHER 6*139.7
KIA TIMOR 4*100
KIA CARNIVAL 5*114.3
KIA CARENS 5*114.3
KIA VISTO 4*114.3
MAZDA 626/MX6/CRONOS 5*114.3
MAZDA 323/LANTIS 4*100
MERCEDES TIGER / MINI 5*112 ET<30
MERCEDES 300E/NEWEYES/C CLASS 5*112
MERCEDES A CLASS 5*112 ET>40
MITSUBISHI GALANT/ETERNA/DAN-GAN 4*114.3
MITSUBISHI EVOLUTION 4*100
MITSUBISHI KUDA/L300 5*114.3
MITSUBISHI T-120 4*114.3 ET<30
MITSUBISHI CHARIOT 5*114.3
OPEL BLAZER 6*139.7
PEUGEOT 505 4*140
PEUGEOT 405 4*108
PEUGEOT 306 4*108
SUZUKI BALENO/KARIMUN 4*100
SUZUKI ESTEEM 4*114.3
SUZUKI JIMNY / KATANA 5*139.7
SUZUKI FUTURA 4*114.3 ET<30
SUZUKI VITARA 5*139.7
TOYOTA DX 4*114.3 ET<30
TOYOTA GREAT / ALLNEW / SOLUNA 4*100
TOYOTA KIJANG 4*114.3 ET<30
TOYOTA LAND CRUISER 6*139.7
VOLVO 740/960 5*108

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling