Skip to main content

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS

Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya.
img-20160717-wa0006-jpg
Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taksi sehingga ada beberapa bagian yang di down-grade, namun ada juga peningkatan misalnya penambahan airbag.
Secara desain, Nissan NEO sangat mirip dengan sang kakak yaitu Nissan Teana sehingga tidak aneh jika Nissan NEO sering dijuluki sebagai Baby Teana, bahkan tidak jarang juga apabila pemilik NEO ke bengkel, salon atau tempat service resmi, kendaraan mereka dicatat sebagai Nissan Teana.
Secara lengkap spesifikasi Nissan NEO dapat dilihat sebagai berikut:
spesifikasi

EDISI / MODEL

Ada 2 (dua) model berdasarkan tahun pembuatannya dengan beberapa perbedaan yang bisa dilihat, yaitu model tahun 2005/2006 dan model tahun 2007-2008.  Perbedaan yang paling mencolok antara versi 2005/2006 dan versi 2007-2008 bisa dilihat pada:
  • Desain Eksterior
    1. Lampu belakang (stop-lamp),
    2. Warna grill depan
  • Desain Interior
    1. Dashboard dan console
    2. Doortrim
    3. Desain bangku belakang,
    4. Fitur airbag

EKSTERIOR

Pada eksterior perbedaan yang dapat ditemui hanya pada desain lampu belakang atau stop-lamp.  Model tahun 2005/2006 tidak terlalu beraksen cenderung flat saja desainnya, sedangkan untuk model 2007-2008 sudah diberikan aksen tegas antara lampu belakang utama, lampu kecil, lampu sein dan lampu mundur.
compare-stoplamp
Selain itu perbedaan juga dapat dilihat pada warna grill depan.  Untuk model tahun 2005/2006 warna grill didominasi oleh chrom sedangkan model tahun 2007-2008 warna chrome hanya untuk baris grill paling atas dan paling bawah sementara di bagian tengah diberi warna hitam.  Menurut salah satu mekanik Gamya sebenarnya warna grill aslinya tetap chrome dan warna hitam adalah cat yang diberikan di atas warna chrome, sehingga jika pemilik ingin mengembalikan ke warna aslinya bisa dilakukan dengan mengelupas cat hitam sehingga muncul warna chrome aslinya.  Gunakan pisau cutter tajam dan lakukan dengan hati-hati.
compare-grill
Selain kedua perbedaan tersebut, dilihat dari sisi eksterior Nissan NEO sama sekali tidak ada perbedaan.

INTERIOR

Untuk interior terdapat lebih banyak perbedaan yang terlihat dari mulai kombinasi warna dashboard, warna doortrim dan juga adanya fitur airbag di model yang lebih baru.
Dashboard untuk model 2005/2006 terlihat mewah dengan warna two-tones coklat tua dan krem, serta perpaduan warna aksen kayu pada konsol bok yang terletak di bagian tengah dashboard. compare-dashboard1
Sedangkan dashboard untuk model 2007-2008 di dominasi oleh warna yang lebih gelap (hitam) meskipun masih tetap mempertahankan two-tones di beberapa tempat.
compare-dashboard2
Untuk bagian doortrim atau bagian dalam pintu Nissan NEO juga terdapat perbedaan adanya aksen kayu untuk model 2005/2006 dan cat chrome pada lingkaran handle pintu.
compare-doortrim
Perbedaan lain di sisi interior adalah di deretan bangku belakang yaitu pada model 2005/2006 terdapat sandaran tangan di tengah-tengah yang dilengkapi dengan tempat minuman dengan aksen kayu.
compare-rearseat1
Sedangkan pada model 2007-2008 bagian bangku belakang tampil tanpa pembatas dan sandaran tangan.
compare-rearseat2
Namun ternyata tidak semua fitur Nissan NEO di down-grade oleh Nissan, karena ada satu fitur yang ditambahkan pada model 2007-2008 yaitu adanya airbag untuk pengemudi dan penumpang di samping pengemudi.

HARGA

Meskipun banyak digemari karena modelnya yang cukup mewah dan sering dianggap sebagai adiknya Nissan Teana, para peminat Nissan NEO harus memahami bahwa mobil ini model baru-nya tidak dijual bebas dan hanya didatangkan oleh Nissan Indonesia untuk digunakan sebagai armada taksi di Jakarta.  Oleh karena itu tentu saja harganya sangat bersaing yaitu di kisaran 50juta-an sampai dengan 60juta-an OTR Jakarta per unitnya, bahkan ada beberapa yang sudah dilakukan modifikasi harga yang ditawarkan sudah mencapai 90juta-an sampai di atas 100juta-an.

KESIMPULAN

Kelebihan

  • Desain mewah
  • Interior cukup luas
  • Cukup Handal dan nyaman untuk digunakan sehari-hari
  • Ada komunitas yang sudah terbentuk

Kekurangan

  • Ketersediaan suku cadang dan substitusinya masih terbatas
  • Tidak terdaftar di bengkel resmi
  • Sering bermasalah pada bagian kaki-kaki
Setelah mengenal Nissan NEO, mengetahui bentuk, spesifikasi dan model yang tersedia maka berikutnya pilihan adalah di tangan pembaca.  Membandingkan Nissan NEO eks Taksi dengan mobil-mobil eks Taksi lainnya misalnya Toyota Vios (Limo) ataupun dari Hyundai, adalah satu-satunya jalan untuk mencari yang terbaik.

Comments

  1. Pengalaman punya mobil ini . Sangat sulit sekali spare part nya .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling