Skip to main content

Nge-Cat Total Mobil di Absolute Kediri

Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pengecatan (ulang) mobil saya di ABSOLUTE yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur 64129, Indonesia.  Kesan awal cukup baik karena staf-stafnya cukup sigap dalam melayani.  Ada satu kesan yang saya tangkap hampir sama dari pegawai bengkel body repair di Kediri, yaitu ketika mobil datang mereka selalu berasumsi bahwa calon pelanggan tersebut sudah pasti akan mengecatkan mobilnya di bengkel tempat mereka bekerja.  Mereka tidak banyak memberikan ruang untuk banyak berdiskusi, pembicaraan hanya seputar Jadi atau Tidak.

Ketika kali pertama saya datang, masuk ke dalam kantor mereka yang kurang lebih berukuran 3 x 8 meter, sangat nyaman walaupun relatif kecil.  Ber AC dan terdapat kursi sofa yang empuk dan TV LCD yang bisa kita nikmati. 

"Asuransi atau Pribadi?", seorang pegawai wanita bertanya
"Pribadi", jawab saya pendek.
"Kerusakannya apa Pak?", tanyanya lagi
"Saya mau cat total"

Pegawai wanita tersebut memanggil seorang senior staf sepertinya, namanya Bayu.

"Gimana Pak?", tanyanya
"Saya mau cat total.  Cat yang lama dihilangkan.", kata saya
"Mobilnya mana Pak?"
"Itu ada di depan, yang sedan warna hitam", jawab saya sambil menunjuk mobil saya yang sedang terparkir di pinggir jalan tepat di depan kantor sebelah.  Sejurus kemudian Pak Bayu mengajak saya keluar melihat-lihat kondisi mobil.  Dia mengetuk-ngetuk beberapa bagian dari mobil, ketika melihat kondisi kap mesin dan atas bagasi belakang, dia berkata:
"Ini harus dikerok total", katanya.
"Iya, saya memang maunya semua dikerok total", saya menimpali
"Hmn... kalau yang lain sih gak perlu sih Pak, dikerok sebagian aja istilahnya", kata Pak Bayu
"Tapi saya maunya cat yang lama dihilangkan karena itu kalau gak salah ada 3 lapis catnya", saya mencoba untuk menjelaskan.
"Iya nanti kita lihat Pak", jawabnya singkat.  Kita pun kembali masuk ke kantor dan saya langsung saja menanyakan biayanya
"Cat total dan kerok berapa biayanya Pak?", tanya saya
"Hmn... saya bisa kasih... 10 juta.", jawabnya dengan intonasi dan gaya seperti sedang berpikir keras.
"Okay", jawab saya, "... tapi saya minta catnya dikupas habis ya..." tambah saya.
"Iya Pak, istilah dikerok sebagian", jawabnya seperti menjelaskan.
"Baik, saya mau ganti list kaca juga bisa kan Pak? untuk depan dan samping..", tanya saya
"Bisa bisa Pak, nanti akan kita pasangin", jawabnya mantab.

Sebenarnya saya bingung dengan jawaban itu, karena ketika saya minta dikupas habis catnya dijawab "Iya" tetapi dengan tambahan "... dikerok total sebagian".  Saya coba tanya2 dan cari literatur tentang istilah itu supaya tidak salah paham di kemudian hari.  Segera saya mendapatkan penjelasan tentang perbedaan antara catnya dikupas dan dikerok total.

1. Catnya dikupas : hanya lapisan catnya saja yang dihilangkan
2. Ketok total: semua lapisan dikerok habis sehingga body mobil terlihat plat aslinya yang berwarna putih

Okay, akhirnya saya sepakat.  Segera saya menuju ke pegawai yang di bagian administrasi.  Tak lama seorang pegawai laki2 sambil membawa selembar kertas mendekati saya.
"Boleh pinjam kuncinya Pak", tanya nya
"Silakan...", jawab saya sambil memberikan kunci
"Semua barang2 yang penting sudah dikeluarkan kan Pak?, saya mau cek dulu", katanya
"Sudah.  Tapi saya lihat dulu lagi", jawab saya sambil berjalan mengikutinya ke arah mobil.   Sementara dia melakukan ceklist saya memastikan semua barang sudah keluar dari mobil.  Setelah semua bersih saya kembali ke ruangan kantor dan diminta untuk tanda-tangan ceklist tadi.  Setelah tanda tangan, saya pikir saya akan mendapatkan tanda terima atau perjanjian atau sejenisnya, ternyata tidak!  Terus saya bertanya:
"Mbak, apa saya bisa mendapatkan selembar kertas yang berisi komitmen pengerjaan atau sejenisnya?, maksud saya biar kita gak bicara di luar konteks nantinya soal biaya dan apa saja yang dikerjakan"
"Tidak Pak...", jawab si Mbak, "tapi kalau Bapak minta kita bisa buatkan..." dia menambahkan
"Okay, dibuatin saja gpp saya tunggu...", kata saya



Comments

  1. lanjutannya kok ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya niy soalnya ngecatnya sendiri molor sampai 3 bulan lebih jadi sampai kelupaan. Segera saya update.

      Delete
  2. Hasil cat nya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasilnya mantab. Body kembali kaleng dan menuai banyak pujian, hehehe...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling