Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih.
Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya. Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak.
1. Karet Tie Rod - END
Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling aktif bergerak mengikuti arah kemudi setir secara horizontal dan apabila ada guncangan juga bergerak naik turun mengikuti shock breaker. Kerusakan awal yang paling sering terjadi adalah pada karetnya yaitu mulai gepeng atau retak-retak yang menyebabkan:
- Daya redam berkurang karena besi jadi ketemu besi dan biasanya muncul bunyi gluduk2 ringan yang secara konstan muncul meskipun jalanan tidak terlalu jelek
- Bagian dalam tie-rod-end jadi tidak terlindungi sehingga grease yang ada menjadi cepat kotor yang pada akhirnya mempengaruhi fleksibilitas tie rod dan juga mempengaruhi daya tahan dan akhirnya dapat menyebabkan kerusakan tie-rod-en secara permanen sehingga harus diganti baru
Karet Tie-Rod-End yang Aus |
Nah daripada menunggu rusak dan harus beli ada baiknya kita siap sedia untuk mengganti karet-nya saja. Ternyata bisa lho. Caranya cukup mudah, cukup lepas karet yang lama, kemudian bersihkan bagian dalam tie-rod-end, tambahkan grease/gemuk/stempet apabila diperlukan dan kemudian pasang kembali yang baru. Jika diperlukan bisa diikat dengan kawat kecil supaya tidak meleset karena selain sebagai bantalan, karet tie-rod-end juga berfungsi melindungi bagian dalam tie-rod-end dari kotoran.
Karet Tie Rod Universal |
Karet Tie Rod Universal |
Karet tie-rod-end bisa menggunakan versi universal yang bisa dibeli di Toped, silakan googling aja "karet tie rod" harganya murah-meriah cukup Rp 4.900,00 saja per buah. Ukuran karet universal ini lebih kecil dari karet aslinya, tapi jangan kuatir karena setelah dipasang malah PAS banget.
Karet tie-rod-end Terpasang |
2. Karet Stabil
Karet stabil nempel di link stabil yang posisinya ada di bagian dalam agak ke bawah dari Tie-rod-end dan nempel di swing arm. Di setiap sisi diperlukan 2 karet stabil yaitu dibagian bawah swing arm dan di atas swing arm. Kerusakan karet stabil biasanya dirasakan terdengar bunyi gluduk-gluduk apabila melewati lubang di jalanan, jadi tidak terdengar konstan seperti kerusakan pada karet tie-rod-end. Sedangkan secara fisik biasanya pecah atau gepeng.
Karet Stabil (MERAH) |
Harganya cukup murah antara Rp 2.000 - Rp 4.000 per buah dan untuk satu mobil diperlukan 4 (empat) buah. Cara menggantinya juga cukup mudah, cukup lepas link stabil dan lepas karetnya (2) buah, kemudian pasangkan karet yang baru. Selesai, mudah bukan...
Karet Link Stabil Terpasang (MERAH) |
Nah tunggu apalagi segera periksa kaki2 anda dan ganti jika sudah aus.
Comments
Post a Comment