Skip to main content

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih.

Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak.

1. Karet Tie Rod - END
 
Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling aktif bergerak mengikuti arah kemudi setir secara horizontal dan apabila ada guncangan juga bergerak naik turun mengikuti shock breaker.  Kerusakan awal yang paling sering terjadi adalah pada karetnya yaitu mulai gepeng atau retak-retak yang menyebabkan:
- Daya redam berkurang karena besi jadi ketemu besi dan biasanya muncul bunyi gluduk2 ringan yang secara konstan muncul meskipun jalanan tidak terlalu jelek
- Bagian dalam tie-rod-end jadi tidak terlindungi sehingga grease yang ada menjadi cepat kotor yang pada akhirnya mempengaruhi fleksibilitas tie rod dan juga mempengaruhi daya tahan dan akhirnya dapat menyebabkan kerusakan tie-rod-en secara permanen sehingga harus diganti baru

Karet Tie-Rod-End yang Aus
Nah daripada menunggu rusak dan harus beli ada baiknya kita siap sedia untuk mengganti karet-nya saja.  Ternyata bisa lho.  Caranya cukup mudah, cukup lepas karet yang lama, kemudian bersihkan bagian dalam tie-rod-end, tambahkan grease/gemuk/stempet apabila diperlukan dan kemudian pasang kembali yang baru.  Jika diperlukan bisa diikat dengan kawat kecil supaya tidak meleset karena selain sebagai bantalan, karet tie-rod-end juga berfungsi melindungi bagian dalam tie-rod-end dari kotoran.

Karet Tie Rod Universal
Karet Tie Rod Universal










Karet tie-rod-end bisa menggunakan versi universal yang bisa dibeli di Toped, silakan googling aja "karet tie rod" harganya murah-meriah cukup Rp 4.900,00 saja per buah.  Ukuran karet universal ini lebih kecil dari karet aslinya, tapi jangan kuatir karena setelah dipasang malah PAS banget.
Karet tie-rod-end Terpasang

2. Karet Stabil

Karet stabil nempel di link stabil yang posisinya ada di bagian dalam agak ke bawah dari Tie-rod-end dan nempel di swing arm.  Di setiap sisi diperlukan 2 karet stabil yaitu dibagian bawah swing arm dan di atas swing arm.  Kerusakan karet stabil biasanya dirasakan terdengar bunyi gluduk-gluduk apabila melewati lubang di jalanan, jadi tidak terdengar konstan seperti kerusakan pada karet tie-rod-end.  Sedangkan secara fisik biasanya pecah atau gepeng.

Karet Stabil (MERAH)
Harganya cukup murah antara Rp 2.000 - Rp 4.000 per buah dan untuk satu mobil diperlukan 4 (empat) buah.  Cara menggantinya juga cukup mudah, cukup lepas link stabil dan lepas karetnya (2) buah, kemudian pasangkan karet yang baru. Selesai, mudah bukan...
Karet Link Stabil Terpasang (MERAH)
Nah tunggu apalagi segera periksa kaki2 anda dan ganti jika sudah aus.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c