Skip to main content

Melakukan RESET Setting pada NEO

Halo NEO'ers,

Kali ini penulis akan membagi kisah mengenai cara untuk melakukan Reset ECU secara sederhana.  Seperti biasa triks ini diajarkan oleh salah seorang mantan teknisi Nissan yang sudah membuka bengkel sendiri.

Awalnya penulis sang teknisi melakukan tune-up dengan mencopot body throttle, membersihkan, memasang dan melakukan setting ulang supaya dicapai kondisi tarikan yang bagus dan pemakaian bahan bakar yang irit.  Kondisi idle disetting pada posisi 650-700 RPM. Belum teruji sih hasilnya karena baru kemarin.  Namun ada kejadian menarik sepulang dari bengkel dan penulis ajak NEO jalan-jalan putar-putar kota.

Ketika sedang asik tiba-tiba penulis merasakan ada hal yang aneh yaitu setiap kali mau oper gigi (2-3-4), injak pedal kopling, mendadak RPM jadi naik sampai 2500-3000 dan kalau kopling terus diinjak yang terjadi adalah RPM bergerak naik turun secara liar.  Penulis mencoba untuk berhenti dan membiarkan gas dalam keadaan idle, keanehan muncul karena RPM tidak mau turun dari angka 1200.  Padahal dalam kondisi normal setelah disetting adalah 650-700.  Akhirnya penulis memutuskan untuk kembali ke bengkel dan teknisinya langsung menyarakan untuk di Reset ulang.  Meskipun dalam kondisi gerimis, gak sampai 5 menit kondisi mesin mobil langsung kembali normal.

Berikut adalah langkah-langkah sebelum melakukan Reset:
  • Proses reset hanya bisa dilakukan pada saat kondisi mesin mobil dalam keadaan menyala dan stasioner.
  • Apabila kondisi mesin mobil dalam keadaan mati, silakan dinyalakan kurang lebih 5 - 10 menit sampai kondisi stasioner tercapai, dan apabila kondisi mesin mobil sudah dalam keadaan menyala cobalah untuk mendiamkan kurang lebih 1-2 menit sampai kondisi stasioner tercapai.
  • Buka kap mesin dan usahakan untuk mendapatkan ruang yang cukup untuk dapat berdiri di sebelah kiri untuk melakukan proses copot dan pasang throttle sensor

Setelah itu silakan ikuti petunjuk berikut:

  • Matikan mesin dan posisikan stop kontak pada posisi OFF
  • Hitung 10 detik
  • Nyalakan mesin
  • Hitung 28 detik
  • Copot Throttle sensor
  • Hitung 5 detik
  • Pasang kembali Throttle sensor
  • Hitung 20 detik
  • Biarkan mesin dalam kondisi stasioner selama beberapa saat
Posisi Throttle Sensor
Sebenarnya adalah beberapa cara dalam melakukan Reset ECU, antara lain dengan cara melepas ACCU semalaman dan kemudian memasangkan lagi dengan harapan setting-an ECU akan kembali ke posisi semula.  Namun kadang2 memang situasinya unik karena tidak setiap cara bekerja dengan baik untuk setiap kejadian, karena itulah berbagi tentang NEO menjadi semakin asik.


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling