Halo NEO'ers,
Kali ini penulis akan membagi kisah mengenai cara untuk melakukan Reset ECU secara sederhana. Seperti biasa triks ini diajarkan oleh salah seorang mantan teknisi Nissan yang sudah membuka bengkel sendiri.
Awalnya penulis sang teknisi melakukan tune-up dengan mencopot body throttle, membersihkan, memasang dan melakukan setting ulang supaya dicapai kondisi tarikan yang bagus dan pemakaian bahan bakar yang irit. Kondisi idle disetting pada posisi 650-700 RPM. Belum teruji sih hasilnya karena baru kemarin. Namun ada kejadian menarik sepulang dari bengkel dan penulis ajak NEO jalan-jalan putar-putar kota.
Ketika sedang asik tiba-tiba penulis merasakan ada hal yang aneh yaitu setiap kali mau oper gigi (2-3-4), injak pedal kopling, mendadak RPM jadi naik sampai 2500-3000 dan kalau kopling terus diinjak yang terjadi adalah RPM bergerak naik turun secara liar. Penulis mencoba untuk berhenti dan membiarkan gas dalam keadaan idle, keanehan muncul karena RPM tidak mau turun dari angka 1200. Padahal dalam kondisi normal setelah disetting adalah 650-700. Akhirnya penulis memutuskan untuk kembali ke bengkel dan teknisinya langsung menyarakan untuk di Reset ulang. Meskipun dalam kondisi gerimis, gak sampai 5 menit kondisi mesin mobil langsung kembali normal.
Berikut adalah langkah-langkah sebelum melakukan Reset:
Setelah itu silakan ikuti petunjuk berikut:
Sebenarnya adalah beberapa cara dalam melakukan Reset ECU, antara lain dengan cara melepas ACCU semalaman dan kemudian memasangkan lagi dengan harapan setting-an ECU akan kembali ke posisi semula. Namun kadang2 memang situasinya unik karena tidak setiap cara bekerja dengan baik untuk setiap kejadian, karena itulah berbagi tentang NEO menjadi semakin asik.
Kali ini penulis akan membagi kisah mengenai cara untuk melakukan Reset ECU secara sederhana. Seperti biasa triks ini diajarkan oleh salah seorang mantan teknisi Nissan yang sudah membuka bengkel sendiri.
Awalnya penulis sang teknisi melakukan tune-up dengan mencopot body throttle, membersihkan, memasang dan melakukan setting ulang supaya dicapai kondisi tarikan yang bagus dan pemakaian bahan bakar yang irit. Kondisi idle disetting pada posisi 650-700 RPM. Belum teruji sih hasilnya karena baru kemarin. Namun ada kejadian menarik sepulang dari bengkel dan penulis ajak NEO jalan-jalan putar-putar kota.
Ketika sedang asik tiba-tiba penulis merasakan ada hal yang aneh yaitu setiap kali mau oper gigi (2-3-4), injak pedal kopling, mendadak RPM jadi naik sampai 2500-3000 dan kalau kopling terus diinjak yang terjadi adalah RPM bergerak naik turun secara liar. Penulis mencoba untuk berhenti dan membiarkan gas dalam keadaan idle, keanehan muncul karena RPM tidak mau turun dari angka 1200. Padahal dalam kondisi normal setelah disetting adalah 650-700. Akhirnya penulis memutuskan untuk kembali ke bengkel dan teknisinya langsung menyarakan untuk di Reset ulang. Meskipun dalam kondisi gerimis, gak sampai 5 menit kondisi mesin mobil langsung kembali normal.
Berikut adalah langkah-langkah sebelum melakukan Reset:
- Proses reset hanya bisa dilakukan pada saat kondisi mesin mobil dalam keadaan menyala dan stasioner.
- Apabila kondisi mesin mobil dalam keadaan mati, silakan dinyalakan kurang lebih 5 - 10 menit sampai kondisi stasioner tercapai, dan apabila kondisi mesin mobil sudah dalam keadaan menyala cobalah untuk mendiamkan kurang lebih 1-2 menit sampai kondisi stasioner tercapai.
- Buka kap mesin dan usahakan untuk mendapatkan ruang yang cukup untuk dapat berdiri di sebelah kiri untuk melakukan proses copot dan pasang throttle sensor
Setelah itu silakan ikuti petunjuk berikut:
- Matikan mesin dan posisikan stop kontak pada posisi OFF
- Hitung 10 detik
- Nyalakan mesin
- Hitung 28 detik
- Copot Throttle sensor
- Hitung 5 detik
- Pasang kembali Throttle sensor
- Hitung 20 detik
- Biarkan mesin dalam kondisi stasioner selama beberapa saat
Posisi Throttle Sensor |
Comments
Post a Comment