Skip to main content

Mengenal Power Steering NEO



Apa sih Power Steering

Menurut http://www.wikipedia.org, power steering adalah satu perangkat / komponen yang terpasang di kendaraan bermotor (mobil) yang fungsinya membantu pengemudi untuk mengarahkan dan menambah tenaga (sistem hidraulik) kemudi atau setir.  Jika kita sering berkendaraan, sebenarnya kita selalu berhubungan dengan power steering melalui kemudi meskipun kita tidak pernah melihat atau memperhatikan cara kerjanya secara detil karena memang posisi power steering cukup tersembunyi untuk dilihat secara sekilas.
Power Steering

Power steering terletak tepat didepan firewall (batas antara ruang kemudi dan ruang mesin), di bagian bawah dan terhubung langsung dengan tuas kemudi yang biasanya dibatasi oleh sebuah karet boot yang fungsinya untuk mencegah masuknya air dari bagian bawah ke kabin kendaraan.

Masalah Power Steering

Secara khusus kita membahas power steering (PS) pada mobil Nissan Sentra N-16 (Neo) yang diproduksi tahun 2005 - 2008 yang tentu saja sudah mencapai usia di mana masalah sudah mulai sering muncul.  Sangat penting untuk mengetahui gejala penyakit PS karena fungsinya yang sangat vital sehingga akan sangat berbahasa apabila masalah PS terjadi pada saat kita sedang mengemudi.  Beberapa masalah yang sering timbul, berdasarkan pengalaman penulis, pada PS Neo adalah sbb. :
  1. Kebocoran Oli Power Steering

Untuk mengetahui gejala ini sering-seringlah untuk memperhatikan kolong mobil tepat di belakang ban depan di pagi hari ketika mobil sudah terparkir semalaman di garasi, atau dengan membuka ruang mesin dan melihat tabung oli PS yang posisinya ada di depan support shock roda depan sebelah kanan.  Biasanya akan ada rembesan cairan oli apabila ada masalah dengan kebocoran dan isi tabung oli PS juga berkungan secara abnormal atau berlebihan.

Secara teori jumlah oli PS di tabung tidak akan berkurang secara berlebihan karena oli PS tidak dibuang secara mekanisme melainkan hanya dialirkan saja, dan berkurangnya oli secara normal adalah karena proses penguapan yang bisa saja terjadi untuk pemakaian mobil secara terus menerus.

Gejala yang sering dialami oleh pengemudi untuk masalah ini adalah gerakan setir di kemudi terasa kurang responsif / sesuai dengan gerakan roda, dan dalam kondisi ekstrim maka stir menjadi berat atau bahkan tidak bisa digerak-kan sama sekali.  Tentu saja ini sangat berbahaya apabila terjadi pada saat kita berkemudi di kecepatan tinggi.

Penyebab yang sering ditemukan adalah:
  • Seal-seal (seal pinion dan seal rack) sudah aus
  • Batang PS sudah aus (ada baret-baret) sehingga menyebabkan oli rembes
  1. Steering Goyang

Posisi batang PS Neo bentuknya memanjang dari kiri-kanan dan diikat dengan 1 buah clamp dan 1 baut yang dilapisi oleh bantalan karet.  Bantalan karet inilah yang bisa aus baik itu aus secara normal atau aus karena terkena bocoran oli PS yang menyebabkan kaitan batang PS ke body mobil menjadi kendor.

Gejala yang sering dialami untuk masalah ini adalah stang kemudi terasa goyang ketika roda depan melewati lubang atau halangan misalnya seperti saat melintas rel kereta api, hal ini disebabkan karena gerakan roda saat melalui halangan yang seharusnya diredam oleh PS namun karena PS dalam posisi longgar maka batang PS nya sendiri ikut bergerak yang akhirnya mempengarui kemudi.

Penyebab yang sering ditemukan adalah:
  • Dudukan batang PS sudah longgar
  • Karet-karet bantalan sudah sobek atau aus termakan usia atau terkena rembesan oli

Memperbaiki PS Neo

Jika Nissan Neo Anda bermasalah, carilah bengkel yang benar-benar paham dengan PS atau jika mau aman bawalah ke bengkel resmi (beres) Nissan, karena biasanya jika dibawa bengkel umum maka hasilnya tidak akan maksimal bahkan mungkin malah menambah masalah baru lagi pada saat proses perbaikannya.

Part-part yang perlu diperhatikan untuk gejala-gejala kerusakan ringan adalah :
  • Seal Pinion dan Seal Rack (+/- Rp 400.000,-)
  • Oli PS (+/- Rp 30.000,-)
  • Karet Boot (+/- Rp 120.000,-)
Yang cukup mahal biasanya ongkos bongkar pasang dan perbaikan karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan membutuhkan skill dan waktu yang tidak sebentar.  Rata2 biaya perbaikan PS antara Rp 250.000 - Rp 400.000,- tentu saja tergantung kerusakannya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling