Apa sih Power Steering
Menurut http://www.wikipedia.org, power steering adalah satu perangkat / komponen yang terpasang di kendaraan bermotor (mobil) yang fungsinya membantu pengemudi untuk mengarahkan dan menambah tenaga (sistem hidraulik) kemudi atau setir. Jika kita sering berkendaraan, sebenarnya kita selalu berhubungan dengan power steering melalui kemudi meskipun kita tidak pernah melihat atau memperhatikan cara kerjanya secara detil karena memang posisi power steering cukup tersembunyi untuk dilihat secara sekilas.Power Steering |
Power steering terletak tepat didepan firewall (batas antara ruang kemudi dan ruang mesin), di bagian bawah dan terhubung langsung dengan tuas kemudi yang biasanya dibatasi oleh sebuah karet boot yang fungsinya untuk mencegah masuknya air dari bagian bawah ke kabin kendaraan.
Masalah Power Steering
Secara khusus kita membahas power steering (PS) pada mobil Nissan Sentra N-16 (Neo) yang diproduksi tahun 2005 - 2008 yang tentu saja sudah mencapai usia di mana masalah sudah mulai sering muncul. Sangat penting untuk mengetahui gejala penyakit PS karena fungsinya yang sangat vital sehingga akan sangat berbahasa apabila masalah PS terjadi pada saat kita sedang mengemudi. Beberapa masalah yang sering timbul, berdasarkan pengalaman penulis, pada PS Neo adalah sbb. :Kebocoran Oli Power Steering
Secara teori jumlah oli PS di tabung tidak akan berkurang secara berlebihan karena oli PS tidak dibuang secara mekanisme melainkan hanya dialirkan saja, dan berkurangnya oli secara normal adalah karena proses penguapan yang bisa saja terjadi untuk pemakaian mobil secara terus menerus.
Gejala yang sering dialami oleh pengemudi untuk masalah ini adalah gerakan setir di kemudi terasa kurang responsif / sesuai dengan gerakan roda, dan dalam kondisi ekstrim maka stir menjadi berat atau bahkan tidak bisa digerak-kan sama sekali. Tentu saja ini sangat berbahaya apabila terjadi pada saat kita berkemudi di kecepatan tinggi.
Penyebab yang sering ditemukan adalah:
- Seal-seal (seal pinion dan seal rack) sudah aus
- Batang PS sudah aus (ada baret-baret) sehingga menyebabkan oli rembes
Steering Goyang
Gejala yang sering dialami untuk masalah ini adalah stang kemudi terasa goyang ketika roda depan melewati lubang atau halangan misalnya seperti saat melintas rel kereta api, hal ini disebabkan karena gerakan roda saat melalui halangan yang seharusnya diredam oleh PS namun karena PS dalam posisi longgar maka batang PS nya sendiri ikut bergerak yang akhirnya mempengarui kemudi.
Penyebab yang sering ditemukan adalah:
- Dudukan batang PS sudah longgar
- Karet-karet bantalan sudah sobek atau aus termakan usia atau terkena rembesan oli
Memperbaiki PS Neo
Jika Nissan Neo Anda bermasalah, carilah bengkel yang benar-benar paham dengan PS atau jika mau aman bawalah ke bengkel resmi (beres) Nissan, karena biasanya jika dibawa bengkel umum maka hasilnya tidak akan maksimal bahkan mungkin malah menambah masalah baru lagi pada saat proses perbaikannya.Part-part yang perlu diperhatikan untuk gejala-gejala kerusakan ringan adalah :
- Seal Pinion dan Seal Rack (+/- Rp 400.000,-)
- Oli PS (+/- Rp 30.000,-)
- Karet Boot (+/- Rp 120.000,-)
Comments
Post a Comment