Skip to main content

Mengatasi Penyebab Temperatur Mesin Panas

Hello Neoers,

Kali ini penulis akan berbagi tips mengenai bagaimana mengatasi temperatur mesin yang tinggi alias panas yang terjadi pada NEO kita.

Perlu diingat bahwa dalam kondisi mesin menyala maka temperatur di ruang mesin akan sangat panas untuk itu di setiap mobil akan ada radiator yang berfungsi untuk menjaga temperatur di ruang mesin tidak terlalu panas.  Radiator adalah salah satu komponen pada sistem pendingin mesin mobil yang berfungsi untuk membuang panas mesin melalui media cair yang bersirkulasi di dalam mesin untuk mempertahankan temperatur kerja mesin. Media cair tersebut bisa berupa air atau pun radiator coolant yang bisa kita beli di toko otomotif.
prinsip kerja radiator
Radiator secara Umum

Indikator temperatur mesin di NEO kita berada di area dashboard, tepatnya dari posisi kita duduk di bangku pengemudi berada di sebelah kanan  

Dalam kondisi normal jarum penunjuk temperatur mesin biasanya tidak lebih atau berada di tengah-tengah yang dapat dicapai setelah sekitar 5 menit waktu semenjak mesin dinyalakan.  Apabila jarum penunjuk lebih dari setengah maka hampir dapat dipastikan kalau temperatur mesin mobil Anda mengalami ketidak-normalan dan perlu segera dilakukan pengecekan.

Untuk menjaga agar tidak terjadi lonjakan temperatur mesin secara abnormal ada baiknya dilakukan pengecekan secara rutin, terutama bila kita mempunyai rencana untuk bepergian jarak jauh sehingga kejadian temperatur naik secara berlebihan (overheat) dapat dihindari.  Langkah2 pengecekan yang dapat dilakukan berikut solusi singkatnya adalah sebagai berikut:
  • Selalu gunakan cairan pendingin (Coolant) yang sesuai yaitu bisa dengan membeli cairan khusus yang biasanya berwarna hijau/biru atau bisa juga menggunakan Air bekas AC
  • Cek selalu Air Radiator dan pastikan selalu dalam posisi terisi penuh.  Jika kurang, tambahkan saja sampai penuh dan pastikan tertutup dengan benar dan rapat.

  • Cek Tanki Cadangan Air Radiator (reservoir tank) dan pastikan terisi air pendingin (coolant) dengan posisi yang tidak terlalu penuh.
h

  • Cek Waterpump untuk memastikan sirkulasi pendinginan berjalan dengan baik.  Waterpump sesuai namanya berfungsi untuk memompa air pendingin sehingga terjadi sirkulasi.


Setelah melakukan pengecekan pada bagian-bagian radiator seperti petunjuk di atas, ada baiknya juga dilakukan pengujian untuk lebih memastikan.  Ada beberapa pengujian yang bisa dilakukan, misalnya sbb. :
  • Dalam kondisi mesin mati cobalah untuk memutar kipas pendingin.
Pada kipas pendingin terdapat cairan silicon yang sensitif terhadap temperatur. Apabila oli ini sudah berkurang maka kemampuan kipas mesin untuk mendinginkan mesin menjadi berkurang. Ciri ciri visco fan sudah lemah adalah  entengnya baling-baling kipas jika di putar dengan tangan, berasa tanpa perlawanan viscositas silicone.  Apabila pendinginan kurang maka terjadi pemanasan berlebih terhadap air pendingin mesin sehingga air akan memuai dan memenuhi tabung air cadangan, air radiator akan keluar dari tabung air cadangan, namun saat mesin dingin, air pendingin mesin menyusut kembali maka saat kita cek air radiator menjadi berkurang.
Solusi :  Tambahkan oli silicon pada visco fan
  • Dalam kondisi mesin mati, buka tutup radiator dan kemudian lakukan starter, apakah terjadi semburan air radiator dari lubang tutup radiator, jika iya maka positif terjadi kebocoran kompresi.
Biasanya kebocoran kompresi dapat terjadi akibat mesin pernah mengalami overheat terutama sampai kehabisan air.
Solusi, buka silinder head dan ganti Packing head.

Demikian kira2 informasi seputar Mengatasi Penyebab temperatur mesin panas dan cara mengatasinya baik secara umum maupun khususnya buat NEO.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling