Skip to main content

Nge-Cat Total Mobil di Absolute Kediri (2 - selesai)

Lanjutan dari tulisan pertama Nge-Cat Total Mobil di Absolute Kediri (1)

Akhirnya saya memutuskan untuk tidak meminta surat apapun, dengan harapan bahwa saya juga menaruh kepercayaan kepada Absolute kediri dan memberikan pembayaran DP sebesar 4jt rupiah dengan tanda terima kuitansi.

Minggu Pertama
Saya kembali lagi setelah satu minggu untuk mengecek progres pengerjaan ternyata mobil saya belum disentuh sama sekali dan cuma diparkir dan dibiarkan kotor.

Minggu ke-Dua
Saya kembali lagi satu minggu berikutnya dan lagi2 saya menemukan bahwa mobil saya belum disentuh sama sekali.  Saat ini saya mulai meragukan komitmen pengejaan 1-bulan karena menurut saya tidak mungkin kerok dan cat total dikerjakan selama 2 minggu.
Saya masuk ke ruang manajemen dan mengajukan komplain, diterima oleh sdr. Bayu dan dijanjikan minggu depan akan mulai dikerjakan.  OKAY, saya pegang janjinya.

Minggu ke-Tiga
Saya sedikit tersenyum karena mobil saya mulai dibongkar.  Sambil proses nge-cat saya bermaksud untuk untuk memperbaik headlamp mobil yang sudah mulai kusam untuk saya perbaiki di Jackob Polish yang akan saya tuangkan dalam tulisan yang lain.
Headlamp Sebelum dipoles


Minggu ke-Empat
Saya sedikit kecewa karena sudah 1-minggu status mobil saya cuma dibongkar saja alias tidak diapa-apain.  Saya masuk ke ruang manajemen dan mengajukan komplain, kali ini saya diterima oleh pegawai administrasi perempuan, saya coba tanyakan progresnya.  Jawabannya sangat tidak memuaskan dan cenderung meremehkan, dan itu membuat saya bingung dengan komitmen Absolute kepada pelanggan.
Saya coba memahami kenapa Absolute bersikap seperti itu, padahal bengkel mereka sangat ramai dan tentu saja itu juga karena pelanggan puas kepada pelayanan mereka.  Tapi kenapa kepada saya bersikap seperti itu.
Akhirnya saya berkesimpulan bahwa Absolute ini bengkel khusus asuransi!!! hampir 99% pelanggan yang datang adalah mobil yang dilindungi oleh asuransi.  Hampir semua mobil yang datang adalah mobil baru yang tabrakan, jadi bisa jadi mobil saya dan saya adalah 1 dibanding 1000 kasusnya dan dianggap tidak penting!!!

Saya cukup menyesal namun tidak ada pilihan lain.  Saran saya adalah jika pemilik mobil ingin memasukkan mobilnya ke bengkel body, carilah yang benar-benar professional, mintalah surat perjanjian atas komitmen mereka, dan jangan mencari bengkel asuransi kecuali benar2 terpaksa.

Minggu ke-Lima
Saya sudah agak malas untuk datang.

Minggu ke-Enam
Saya coba untuk datang dan saya melihat ada progres.  Ada satu orang pegawai mereka sedang melakukan proses kerok dengan menggunakan api-las dan alat kerok manual.
Kap Mesin yang dikerok



Tutup Bagasi

Kap Mesin setelah dikerok



























Saya sedikit lega karena hasil keroknya cukup bagus.  Okay lah saya akan sabar menunggu.

Minggu ke-Tujuh
Ketika saya berkunjung proses kerok sudah selesai dan mobil saya sudah dicat putih total kecuali pada ke-4 pilar karena tidak termasuk bagian yang dikerok.

Saya juga lihat proses yang sama sudah dilakukan pada bemper depan dan belakang sudah halus.
Sayangnya adalah kondisi ini bertahan hampir 4 minggu (1-bulan) tanpa ada progress sama sekali meskipun saya memahami di luar kesibukan jadwal antrian masuk pengecatan ternyata juga ada sisi positifnya yaitu hasil pengecatan akan lebih maksimal.

Minggu ke-Delapan sampai ke-Sebelas
Saya berkali-kali melihat sama sekali tidak ada progres dan berkali-kali juga saya komplain tetap belum juga progres.  Alasan yang dikemukakan adalah:

1/ Spare part dari saya tidak ada kepastian yaitu karena saya ingin mengganti karet-karet dan list kaca namun masih ada 1-spare-part yang belum datang, meskipun saya sudah berkomitmen apabila pada waktu penyelesaian karet tsb belum juga datang maka akan menjadi tanggung jawab saya >> jadi ini hanya alasan mereka saja!!!

2/ Daftar Antrian panjang >> inilah ciri khas bengkel khusus asuransi karena memang akhir2 ini banyak sekali mobil baru sehingga yang masuk ke bengkel pun sangat banyak

Minggu ke-Duabelas
Akhirnya saya melihat mobil saya digosok dan dipindahkan untuk persiapan pengecatan.  Karena dilakukan pada hari sabtu maka saya bisa melihat prosesnya agak lama, itupun hari Sabtu jam 14.00 - 15.00 mobil saya baru masuk ruang pengecatan

Minggu ke-Tigabelas
Pengecatan sudah selesai dan mobil saya sudah diparkir di area finishing.  Absolute menyarankan untuk menunggu sekitar 2 minggu agar kondisi cat benar-benar kering sebelum finishing.

Minggu ke-Limabelas
Akhirnya mobil selesai dan tampak diparkir manis di depan kantor Absolute.  Setelah melakukan pengecekan masih terdapat kekurangan dan saya minta segera dibenahi.  Yang membuat saya sedikit kecewa adalah:

1/ Proses kerok dan cat dasar HANYA dilakukan di bagian luar saja sehingga banyak kekurangan yang terjadi di bagian sambungan antara bagian luar mobil dan interior.  Saya sedikit pesimis karena di bagian itu ada kemungkinan cat akan lepas / tidak melekat dengan sempurna.

2/ Finishing kurang memuaskan karena terkesan "asal cepat selesai" dan saya mendengar sendiri sdr. Bayu berkata "... kalau pingin bagus bisa dibawa ke salon  mobil ..." >> waduh saya gagal paham soal ini, kenapa harus ke salon lagi? bukannya pekerjaan mereka juga mirip2 dengan salon mobil?

Tapi okaylah dengan segala kekurangan saya bisa menerima hasil pengecatan dari Absolute Kediri dengan berbagai catatan yang sudah saya jelaskan.

Total waktu pengecatan adalah 3 (tiga) bulan, meskipun dijanjikan 1 (satu) bulan. >> saya cuma bisa komplain.

Comments

  1. Hasilnya gimana mas? Itu cat oven apa bukan? Mulus mengkilap apa masih ada kulit jeruknya?

    Aku mau cat ulang toyota vios silver soalnya. Kalau blm pernah cat ulang, apa harus dikerok ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling