Skip to main content

Nge-Cat Mobil (+Kerok)

Setelah dihajar cuaca selama kurang lebih 3 (tiga) tahun, jika hujan kehujanan dan jika panas kepanasan, malam kedinginan dan basah oleh embun, si Hitam terlihat kumal dan catnya melempuh di beberapa tempat terutama di kap mesin dan bagasi.

Sudah waktunya nge-cat ulang niy.


Di Kediri tidak banyak bengkel perbaikan dan cat mobil (body repair and painting) yang bagus, kalau bisa disebutkan sebagai berikut:

1. Surya Indah, Jl. Airlangga II Sukoredjo, Katang, Kab. Kediri
2. Absolute, Jl. Urip Sumoharjo 138 Kota Kediri
3. TOP Mobil, Jl. Supersemar 12 Kota Kediri
4. Bengkel di Jl. Sultan Aji Mblabak Kota Kediri

Sebenarnya saya sudah jatuh hati dengan salah satu bengkel di Surabaya yang sangat populer di media sosial yaitu Bengkel Karya Lestari Motor (KLM), selain murah mereka juga menjelaskan step-by-step nya dengan sangat menjanjikan.  Komunikasi awal via BBM pun juga sangat responsive dan sepertinya paham banget dengan apa yang dibicarakan.  Namun, jarak menjadi masalah karena saya pingin sekali mengikuti step-by-step si Hitam diproses cat ulang utk keperluan dokumentasi.  Akhirnya saya putuskan untuk melakukan cat ulang di Kediri saja.

Sebagai perbandingan, harga yang ditawarkan KLM adalah Rp. 12.000.000 untuk kerok dan cat total dan sudah dapat 3 (tiga) bonus menarik, dengan total waktu yang dibutuhkan adalah 45hari.

A. Surya Indah

Pilihan pertama saya ke Surya Indah Motor karena selain dekat dengan rumah, bengkel tersebut juga salah satu dari yang tertua di Kediri yang tentunya sudah sangat berpengalaman.  Saya datang pagi2 hari senin (4/1/2016) sekitar jam 09.30 dan langsung ditemua oleh seseorang yang senior dengan asistensinya yang membawa catatan.
Sangat Menarik !, begitu kesan saya, mereka sangat paham sekali dengan yang dibutuhkan oleh mobil saya, dengan sangat jelas mereka berdua menjelaskan bagaimana yang akan terjadi jika saya mempercayakan mobil saya kepada mereka.  Namun ada 3 (tiga) hal yang membuat saya kurang sreg, yaitu :

1. Harga awal yang ditawarkan untuk Kerok total + cat total Rp 15.000.000, ada tambahan biaya sebesar Rp. 1.500.000 jika saya ingin mencat ulang ruang mesin.

2. Mereka sibuk memuji mobil saya, yah meskipun saya sedikit tersanjung tapi ada kesan jangan-2 ini cuma gimik saja.  Masya ALLAH... saya sudah berburuk sangka, tapi karena ini bisnis ya boleh dong kalau saya berpikiran macam2.

3. Waktu yang dibutuhkan 90hari.  Mereka bilang supaya mendapatkan hasil maksimal, dan kalau ada yang bilang nge-cat total + kerok bisa selesai 45hari itu sulapan katanya.  Mgk bener, tapi bisa juga karena bengkelnya sedang rame dan mereka tidak mau kehilangan pelanggan.

Karena saya belum sreg, maka saya memutuskan untuk menyambangi bengkel berikutnya.

B. ABSOLUTE

Saya pilih Absolute karena ini adalah bengkel modern dan sudah ada di beberapa kota.  Saya juga lihat bahwa pelanggan yang datang cukup banyak.  Saya datang siang sekitar jam 12.15 dan walaupun jam istirahat saya tetap disambut hangat dan salesnya (sdr. Bayu) rela berpanas-panasan di pinggir jalan (karena bengkelnya sendiri terletak di pinggir jalan dan kebetulan tidak ada tempat parkir yang tersedia) untuk berbincang-bincang sambil mengecek kondisi fisik mobil secara langsung.

Saya diberikan penjelasan bahwa mereka hanya bisa melakukan kerok total di bagian Kap mesin dan Bagasi, sedangkan bagian lain hanya dilakukan kerok sebagian sepanjang diperlukan.  Meskipun bagian dalam pintu (door trim) dilepas, kaca-kaca depan dan samping dilepas, mereka tidak (wajib) melakukan pengecatan.  Fokus mereka hanya di bagian luar saja.

Untuk itu saya diberikan biaya Rp. 10.000.000, dengan waktu pengerjaan 30hari.

Di sini saya jadi bingung, kenapa waktu pengerjaannya berbeda-beda? apakah demi hasil terbaik atau sebenarnya ada yang disamarkan?

Saya belum memilih, tapi besok saya harus memilih.








Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Nissan GL NEO

SEKILAS Banyak yang belum kenal dengan mobil yang namanya Nissan Sunny GL NEO, maklum karena memang jumlahnya terbatas, tidak diproduksi di Indonesia (built-up) dan juga tidak dijual untuk umum di Indonesia.  Populasi NEO di Indonesia ada 2 (dua) jenis yaitu di wilayah Jakarta digunakan sebagai armada taksi dan kebanyakan di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia ada yang dijadikan mobil pribadi non taksi.  Nissan NEO memiliki banyak nama lain karena memang di beberapa negara lain Nissan memberikan nama yang berbeda misalnya Nissan Sentra M1 di kawasan China/Taiwan dan Amerika, Nissan Impul/Sport di Malaysia, Nissan Sylphy di Australia, dan sebagainya. Nissan NEO yang ada di Indonesia diproduksi antara tahun 2005/2006, 2007 dan 2008.  Dari tahun2 produksi tersebut setidaknya ada 2 jenis yang beredar di Indonesia yaitu versi tahun 2005/2006 yang masih versi asli non-taksi dan tahun 2007-2008 yang desain interior dan eksteriornya sudah disesuaikan untuk armada taks

Mengenal PCD pada Velg/Ban Mobil

APA SIH YANG DIMAKSUD PCD? PCD singkatan dari P itch C ircle D iameter.   PCD ialah jarak antar lubang baut pada velg, untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini : Lingkaran biru melambangkan baut roda pada mobil anda. Terlihat bahwa ada 4 buah baut yang berada dalam lingkaran dengan diameter 100cm (R50cm). Konfigurasi seperti ini dinamakan PCD 100 dengan 4 buah lubang baut roda. Untuk mengetahui sendiri PCD roda mobil anda, ukurlah dengan penggaris diameter lingkaran baut rodanya dengan penggaris. Arti dari : PCD 4 x 100 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 100 mm PCD 4 x 114.3 adalah baut berjumlah 4 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 5 x 114.3 adalah baut berjumlah 5 buah dengan jarak diameter antara baut 114.3 mm PCD 6 x 139.7 adalah baut berjumlah 6 buah dengan jarak diameter antara baut 139.7 mm dan seterusnya untuk PCD mobil lainnya. Diambil dari beberapa sumber di Internet, beberapa c

Mengganti Karet Stabil dan Karet Tie Rod

Buat para pemilik Nissan NEO tentu sangat akrab dengan permasalahan kaki-kaki, karena memang selain karena umur mobil sudah tua (rata-rata 10 tahun), kilometer pakainya pun juga sudah tinggi bahkan ada yang sudah mencapai 500.000 KM alias setengah juta kilometers! ditambah lagi dengan karakter mobil NEO yang memang bongsor alias beratnya berlebih. Awal-awal beli pas masih ada support dari Gamya, kebetulan memang 99,9% Nissan NEO yang beredar adalah eks armada taksi  yang dioperasikan oleh Gamya, semua parts bisa dibeli dari Gamya.  Masalah baru timbul belakangan ini ketika Gamya sudah mulai selektif dalam melayani pembelian spare-parts sehingga para pemilik Nissan NEO harus mulai putar-otak untuk mendapatkan penggantinya apakah itu spare-parts ORI Nissan yang dibeli melalui pihak ketiga (toko di luar Gamya), beli spare-parts padanan dari merek lain ataupun melakukan modifikasi jika ada parts yang rusak. 1. Karet Tie Rod - END   Merupakan salah satu bagian kaki2 yang paling